Membangun tim virtual tidak dipungkiri lagi merupakan cara kerja yang yang banyak digunakan di era digital ini. Telah banyak perusahaan besar seperti IBM maupun GE yang mempunyai tim virtual berpeforma tinggi.  Namun tidak semua perusahaan rupanya cocok menggunakan metode kerja ini. Karena ada banyak pertimbangan perusahan sebelum mulai mengembangkan tim virtualnya.

Sebuah studi dari Bergiel, Bergiel & Balsmeier (2008) mengemukakan kekurangan dari tim virtual, seperti berikut:

  1. Tim Virtual membutuhkan keterampilan kompleks dalam penerapan teknologi.

Kesulitan ini lebih mungkin dihadapi jika dalam tim terdapat anggota yang lebih tua dan tidak begitu paham mengenai teknologi. Oleh sebab itu generation gap menjadi isu utama dalam hal ini.

  1. Tim Virtual membutuhkan pelatihan.

Seorang yang ahli dalam teknologi belum tentu dapat bekerja dengan baik dalam tim virtual karena dalam tim virtual bukan mengenai bekerja sendiri, akan tetapi bagaimana bekerja bersama-sama secara virtual untuk menyelesaikan tugas yang saling berkaitan antaranggota tim. Oleh sebab itu, diperlukan pelatihan mengenai bekerja secara virtual.

  1. Kerja virtual belum tentu cocok untuk semua operasional perusahaan.

Ada beberapa pekerjaan yang secara prinsip operasionalnya tidak dapat dilakukan secara virtual. Hal ini biasanya untuk pekerjaan yang membutuhkan peralatan besar yang berada di satu tempat tertentu, contohnya adalah pekerjaan manufacturing.

  1. Kerja virtual belum tentu cocok untuk semua karyawan.

Tidak semua karyawan merasa nyaman untuk bekerja secara virtual, terutama karyawan yang lebih suka melakukan kontak sosial.

Berdasarkan informasi tersebut, perusahaan perlu mempertimbangkan kesiapannya untuk bekerja secara virtual. Kesiapan perusahaan meliputi infrastruktur teknologi, sumber daya manusia dan karakter dari operasional tugas untuk dikerjakan secara virtual.

Oleh Indah Suciati

Baca juga:
Kunci Agar Tim Virtual-mu Semakin Produktif
Kenapa Mempunyai Tim Virtual Menguntungkan untuk Perusahaan

Daftar Pustaka 

Bergiel, B. J., Bergiel, E. B., & Balsmeier, P. W. (2008). Nature virtual teams: their advantages and disadvantages. Management Research News, 31(2), 99-110. Doi 10.1108/01409170810846821.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here