Inilah Alasan Kenapa Seseorang Memilih untuk Bunuh Diri

0
86

Oleh Cut Maghfirah Faisal*

Belakangan ini berbagai kasus bunuh diri marak diberitakan. Orang-orang menanggapi isu ini secara beragam, ada yang merasa prihatin, namun tidak sedikit pula yang mengutuk perbuatan ini. Tanpa kita sadari, respon yang kita berikan sangat berpengaruh loh, bagi korban dan orang-orang di sekitarnya. Lalu bagaimana respon yang sebaiknya kita berikan pada berita semacam ini? HaiSobat akan mencoba mengulas tips-tips untuk menanggapi orang dengan keinginan bunuh diri dan cara menanggapi berita bunuh diri. Akan tetapi sebelumnya, yuk kita pelajari dulu apa sih yang menyebabkan orang mempunyai keinginan untuk bunuh diri.

Kenapa sih orang ingin melakukan bunuh diri?

Menurut Hawton dkk (2013) depresi merupakan isu kesehatan mental yang paling umum dialami oleh orang yang meninggal akibat bunuh diri. Umumnya mereka merasa tidak berdaya dan tidak memiliki harapan. Mereka menganggap bahwa masalah yang mereka hadapi tidak dapat diselesaikan dan bahwa masa depan mereka tidak dapat menjadi lebih baik. Mereka berpikir bahwa satu-satunya cara untuk menyelesaikan masalahnya adalah dengan mengakhiri hidup dan meninggalkan dunia. Tidak sedikit dari mereka juga memiliki riwayat hidup yang berat dan sulit, membuat mereka semakin meyakini bahwa dunia merupakan tempat yang kejam.

Lalu apa yang harus kita lakukan ketika mengetahui bahwa seseorang memiliki keinginan untuk bunuh diri? klik di sini untuk mengetahuinya.

*penulis saat ini merupakan mahasiswa Magister Profesi Psikologi Klinis Dewasa Universitas Indonesia

Baca juga:
Cara “Menyelamatkan” Orang yang Ingin Bunuh Diri
Berikut Ini Cara yang Pantas untuk Menyikapi Fenomena Bunuh Diri

Referensi

Hawton, K., Comabella, C., Haw, C., & Saunders, K. (2013). Risk factors for suicide in individuals with depression: A systematic review. Journal of Affective Disorders, 147(1-3), 17-28. https://doi.org/10.1016/j.jad.2013.01.004

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here