Nah, setelah di artikel sebelumnya kamu tahu gimana caranya mengendalikan diri jika mengalami emosi negatif, pertanyaannya sekarang gimana kalau kamu ngadepin orang yang merasa ketakutan di kantor?

Takut merupakan salah satu dari tiga emosi yang paling sering terjadi di tempat kerja. Dengan mengetahui lebih spesifik tiga emosi ini, maka akan dapat meningkatkan kemampuan kamu dalam menangani dan membangun kepercayaan diri yang kamu butuhkan untuk melakukan aksi yang efektif.

Krisis besar yang terjadi di organisasi, kinerja semester yang tidak tercapai, dan rumor yang terjadi di perusahaan dapat memicu ketakutan di tempat kerja, lho. Ketika perasaan takut muncul, secara fisiologis fungsi pertahanan kita juga akan muncul: apakah kita akan memilih untuk bertarung, melarikan diri, atau bertahan di tempat tanpa melakukan apapun.  Bagaimanapun, organisasi tentu mengharapkan pegawai dapat mengatasi hal tersebut, meskipun risiko personal atau risiko profesional yang dihadapi adalah hal yang akut dan realistis.

Nah, meskipun beberapa executive memilih untuk mengabaikan masalah yang membuat pegawai merasa terancam atau bahkan menolak untuk meminimalisir situasi-situasi yang menimbulkan rasa takut, sebenarnya akan lebih baik jika rasa takut tersebut dikekola dengan baik. Berikut ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan sebagai atasan jika Emosi Takut sedang menghampiri perusahaan kamu.

  1. Sampaikan dengan jujur.

Bersikaplah jujur dan sediakan fakta-fakta yang masuk akal dan realistis terkait hal-hal yang memicu rasa takut pegawai. Sumber kecemasan di tempat kerja biasanya adalah hal-hal yang bersifat rumor. Dan rumor biasanya terjadi karena kebanyakan dari manajer berusaha menyembunyikan detail informasi mengenai organisasi. Padahal, kurangnya komunikasi dapat menimbulkan spekulasi yang lebih parah dibandingkan kondisi yang sebenarnya, lho. Untuk mengatasi hal ini, akan lebih baik jika komunikasi yang terjalin bersifat dua arah dan terbuka, Sob. Katanya dengan adanya komunikasi yang terbuka dan jujur akan mendorong pegawai untuk menghindari emosi takut yang berlebihan lho.

  1. Berikan jaminan.

Adanya jaminan yang diberikan oleh atasan akan memberikan ketenangan kepada pegawai bahwa tidak ada yang perlu mereka takuti. Dengan begitu jaminan tersebut akan memberikan tanda kepada pegawai bahwa hal-hal yang memicu rasa takut tersebut dapat dikontrol oleh manajemen.

Nah itu Sob, beberapa langkah yang bisa kamu lakukan ketika Emosi Takut menggerogoti kamu di tempat kerja, berdasarkan pengalaman dan risetnya Pearson (2017) ya. So, be smart Ya Sob!

Baca juga:
Pentingnya Mengelola Emosi Negatif di Lingkungan Kerja
Cara Cerdas Menghadapi Emosi Negatif di Tempat Kerja
Cara Cerdas Menghadapi Emosi Marah di Tempat Kerja
Cara Cerdas Menghadapi Emosi Sedih di Tempat Kerja

Referensi

Pearson, Christine. M. (2017). The Smart Way to Respond to Negative Emotions at Work. Spring. Vol. 58. No.3. MITSloan. Management Review.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here